Hubungan antara Globalisasi dan E-Commerce




      Globalisasi telah menjadi salah satu fenomena paling menonjol padaabad ke-20 yangmembentuk ekonomi dunia secara dramatis.Proses globalisasi diikuti oleh penurunan hambatanadministratif terhadap perdagangan, penurunan tajam biaya transportasi dan komunikasi,fragmentasi proses produksi dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yangmenjadi basis diversifikasi sumber daya, penciptaan dan pengembangan peluang investasi barudengan membuka pasar tambahan, dan akses bahan baku dan sumber baru.Telekomunikasi dan jaringan transportasi yang berkembang oleh globalisasi menciptakan cara baru untuk mengakses pasar baru melalui e-commerce.Globalisasi juga telah menciptakan ekonomi global baru yang memberi kesempatan bagi perusahaan untuk mengakses pasar baru dan berpartisipasi dalam jaringan produksi global. Di samping peluang, ekonomi baru membentuk lingkungan yang lebih kompetitif bagi perusahaan di mana para pemenangnya adalah perusahaan yang dapatmengadopsi telekomunikasi global. Adopsi internet membuat lebih murah dan mudah bagi perusahaan untuk memperluas pasar mereka, mengelola operasi mereka dan mengkoordinasikan rantai nilai lintas batas. Pengurangan biaya transaksi dan informasi,teknologi telah mengurangigesekan pasar dan memberikan dorongan signifikan bagi proses perluasan pasar dunia. Mengenai globalisasi dan e-commerce, jelas bahwa proses globalisasi telah membentuk dasar munculnya e-commerce.

Comments

Popular posts from this blog

HALO!

Sistem Database Berbasis Web untuk Mengelola Proyek Konstruksi

Pengaruh Manajemen Informasi dan Sistem ERP terhadap Manajemen Pengetahuan Strategis dan Proses Pengambilan Keputusan