Hubungan antara Globalisasi dan E-Commerce
Globalisasi telah menjadi salah satu fenomena paling
menonjol padaabad ke-20 yangmembentuk
ekonomi dunia secara dramatis.Proses globalisasi diikuti oleh penurunan
hambatanadministratif terhadap perdagangan, penurunan tajam biaya transportasi
dan komunikasi,fragmentasi proses produksi dan perkembangan teknologi informasi
dan komunikasi yangmenjadi basis diversifikasi sumber daya, penciptaan dan
pengembangan peluang investasi barudengan membuka pasar tambahan, dan akses bahan baku dan sumber baru.Telekomunikasi dan jaringan
transportasi yang berkembang oleh globalisasi menciptakan cara baru untuk
mengakses pasar baru melalui e-commerce.Globalisasi juga telah menciptakan ekonomi global baru yang memberi
kesempatan bagi perusahaan untuk mengakses pasar baru dan berpartisipasi dalam
jaringan produksi global. Di samping peluang, ekonomi baru membentuk lingkungan
yang lebih kompetitif bagi perusahaan di mana para pemenangnya adalah
perusahaan yang dapatmengadopsi telekomunikasi global. Adopsi internet membuat lebih murah dan mudah bagi perusahaan untuk
memperluas pasar mereka, mengelola operasi mereka dan mengkoordinasikan rantai
nilai lintas batas. Pengurangan biaya transaksi dan informasi,teknologi telah mengurangigesekan pasar dan memberikan dorongan signifikan bagi
proses perluasan pasar dunia. Mengenai globalisasi dan e-commerce, jelas bahwa proses globalisasi telah membentuk dasar
munculnya e-commerce.
Comments
Post a Comment